Jumat, 23 Desember 2011

MAKALAH SEJARAH BERDIRINYA TVRI KALBAR


Kata Pengantar

Puji dan syukur kita panjatkan ALLAH SWT karna berkat dan rahmat dan karunianya penulis masih diberi  kesempatan untuk menyelesaikan penulisan makalah ini.
Makalah ini ditulis untuk melengkapi salah satu tugas pelajaran Sosiologi
Penulis juga  menyadari  bahwa  dalam  penyusunan  makalah  ini  sangat  di  tunjang  oleh  berbagai  pihak  yang  senantiasa  memberikan  dorongan  dan  bantuan  atau  motifasi  yang  tak  ternilai  harganya.  Oleh  karena  itu,  pada  kesempatan  ini  penulis  mengucapkan  terima  kasih  kepada  :
1.       Bapak  JUNAIDI selaku kepala sekolah SMA DWI DHARMA Sungai Duri.
2.       Ibu  TRY ENI sebagai  guru  pembimbing
3.      Rekan – rekan  yang  tidak  dapat  penulis  sebutkan  satu – persatu.
Karena  terbatasnya  pengetahuan  serta  kemampuan  yang  dimiliki,  penulis menyadari  bahwa  dalam  penyusunan  makalah  ini  masih  jauh  dari  kesempurnaan.  Untuk  itu  penulis  sangat  mengharapkan  masukkan  dan  kritikan   dari  pembaca  agar  dapat  membangun  penyusunan  makalah  yang  lebih  baik  untuk  kedepannya.




      Penulis 




BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR   BELAKANG  MASALAH

Dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara,pengetahuan sejarah menjadi sangat penting.Oleh karena itu dengan mempelajari sejarah kita akan mendapatkan gambaran tentang kehidupan masyarakat dan menetahui peristiwa – peristiwa atau kejadian di masa lampau.
Peristiwa – peristiwa atau kejadian – kejadian yang terjadi dimasa lampau tersebut dapat dijadikan sebagai suatu pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bangsa dimasa yang akan datang,peristiwa sejarah merupakan fakta yang abadi yang harus diketahui oleh generasi penerus bangsa sebagai pelajaran dan sebagai pandangan hidup.
Keberadaan TVRI Kalbar secara umum tidaklah terlepas dari sejarah TVRI secara Nasional yang tujuan pendiriannya adalah untuk menyebarluaskan informasi, mencerdaskan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga stabilitas nasional serta menjaga pertahanan dan keamanan wilayah Republik Indonesia.
 Sebuah stasiun pemancar/transmissi dengan kekuatan 20 kw di Jalan A.Yani, Pontianak yang mulai beroperasi tahun 1977 merupakan awal mula berdirinya TVRI di Kalimantan Barat. Kemudian tahun 1980 jaringan TVRI Kalimantan Barat diperluas dengan memanfaatkan bantuan dari Dephankam (Departemen Pertahanan dan Keamanan), sehingga berdiri satuan pemancar/transmissi pada tiga daerah yaitu Sanggau Ledo, Balai Karangan dan Semitau. Dengan adanya penambahan jaringan ini, maka satuan pemancar/transmissi yang berada di kota Pontianak menjadi leader sector dengan nama Sektor Transmissi 17 Kalbar, yang memberikan pertanggungjawaban kepada Dirjen RTF (Direktorat Jenderal Radio, Televisi dan Film Departemen Penerangan RI).
B.     BATASAN MASALAH
1.      Sejak kapan TVRI ini berdiri
2.      Apa latar belakang berdirinya TVRI
3.      Apa tujuan berdirinya TVRI
4.      Apa motivasi atau alas an TNRI berdiri
5.      Orang pertama kali mendirikan TVRI
6.      Siapa saja terlibat berdirinya TVRI
7.      Bagaimana proses berdirinya TVRI
8.      Sarana atau prasarana yang dibutuhkan untuk berdirinya TVRI
9.      Bagaimana antusias masyarkat saat berdirinya TVRI
10.  Prestasi apa saja yang di dapat pada saat itu
11.  Siapa saja yang termasuk dalam anggota TVRI
12.  Dimana pertama kali TVRI berdiri
13.  Pada tanggal berapa TVRI berdiri untuk Indonesia
14.  Dimana saja cabang-cabang TVRI yang sudah menyebar di Kalimantan barat
15.  Orang yang pertama kali menjadi directur TVRI

C.    TUJUAN  PENULISAN
Berdasarkan batasan masalah di atas maka tujuan makalah  ini adalah:
Kami ingin mengetahui kapan berdirinya TVRI serta tujuan mereka mendirikan stasiun TVRI,motivasi mereka dan antusisa masyarakat menerima berdirinya TVRI sangat baik  dan proses pembangunan saat itu.
Sarana atau prasarana yang butuhkan pada saat itu yakni Sumber Daya Manusia,peralatan kantor yang mereka perlukan serta dukungan dari rekan-rekan semua yang terlibat di dalamnya.
untuk saat sekarang TVRI ini berdiri sendiri,yang terlibat dalam proses tersebut yakni semau anggotanya.prestasi yang sudah capai pada saat sekarang sudah banyak serta disetiap kabupaten memiliki cabangnya masing-masing.
D. METODE PENULISAN
Metode dan teknik penelitian yang digunakan Penulis adalah:
1. Observasi, yaitu Penulis langsung datang ke lokasi untuk memperoleh informasi yang di bahas.
2. Wawancara, yaitu Penulis melakukan Tanya jawab dengan narasumber untuk mengetahui hal-hal yang Penulis bahas.
E. SISTEMATIKA PENULISAN
Makalah ini terdiri dari tiga bab, pada bab I akan diuraikan tentang latar belakang, batasan masalah, tujuan Penulisan, metode dan teknik Penulisan.
Bab II akan diuraikan tentang sejarah berdirinya TVRI KALIMANTAN BARAT, Pada Bab III akan diuraikan kesimpulan dan saran.














BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH BERDIRINYA TVRI KALIMANTAN BARAT

TVRI Kalbar adalah Sebuah stasiun pemancar/transmissi dengan kekuatan 20 kw di Jalan A.Yani, Pontianak yang mulai beroperasi tahun 1977 merupakan awal mula berdirinya TVRI di Kalimantan Barat. Kemudian tahun 1980 jaringan TVRI Kalimantan Barat diperluas dengan memanfaatkan bantuan dari Dephankam (Departemen Pertahanan dan Keamanan), sehingga berdiri satuan pemancar/transmissi pada tiga daerah yaitu Sanggau Ledo, Balai Karangan dan Semitau. Dengan adanya penambahan jaringan ini, maka satuan pemancar/transmissi yang berada di kota Pontianak menjadi leader sector dengan nama Sektor Transmissi 17 Kalbar, yang memberikan pertanggungjawaban kepada Dirjen RTF (Direktorat Jenderal Radio, Televisi dan Film Departemen Penerangan RI).Pada tahun 1982 dengan menggunakan DIP, Sektor Transmissi 17 Kalbar mampu membangun jaringan yang lebih luas dengan mendirikan pemancar/transmissi di Sanggau, Sintang, Nanga Merakai, Sambas, Ketapang dan Putussibau dengan kekuatan transmissi yang tidak merata antara 1 s/d 5 Kw.Untuk mensukseskan kegiatan MTQ Tingkat Nasional tahun 1985 di Pontianak, TVRI dikembangkan lagi dengan mendirikan SPK (Stasiun Produksi Keliling) dengan nama TVRI SPK Pontianak yang mempunyai tugas memproduksi acara-acara TVRI untuk selanjutnya disiarkan dari TVRI Jakarta.
Pada tahun 1990 TVRI kembali menambah satuan transmissinya di wilayah Kendawangan dan Nanga Pinoh. Kemudian pada tahun 1994 Singkawang pun mendapatkan jatah pendirian satuan transmissi.
Mengingat wilayah Kalimantan Barat yang demikian luas, sehingga satuan-satuan transmissi yang ada masih belum juga mampu menjangkau seluruh wilayah, maka antara kurun waktu 1992 s/d 1995 beberapa wilayah yang belum terjangkau siaran pun didirikan pemancar-pemancar, yang menjadikan Nanga Tepuai, Nanga Badau, Senaning, Serimbu, Sukadana dan Bengkayang pun dapat menerima siaran TVRI.
Sejarah baru TVRI di Kalimantan Barat dimulai lagi pada tahun 1997 karena saat itulah TVRI SPK Pontianak akhirnya mampu melakukan siaran sendiri, meskipun ketika itu hanya melaksanakan siaran selama 30 menit untuk menyiarkan berita daerah.
Guna menjangkau daerah-daerah terpencil dan lebih mengenalkan lagi Kalimantan barat ke seluruh Indonesia, bahkan mencapai belahan bumi Asia Timur, tahun 2007 TVRI Kalbar dengan durasi siaran telah mencapai 3 jam setiap hari (selebihnya masih merelay siaran TVRI Nasional), melakukan siaran yang dipancarluaskan menggunakan satelit.










BAB.III
                                                                       PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari uraian pembahasan makalah ini, penulis mengambil kesimpulan yaitu:
- TVRI adalah Sebuah stasiun pemancar/transmissi yang tujuan pendiriannya adalah untuk menyebarluaskan informasi, mencerdaskan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga stabilitas nasional serta menjaga pertahanan dan keamanan wilayah Republik Indonesia.
sehingga dapat dinikmati berbagai generasi, itu diharapkan mereka dapat mengetahui sejarah dan dapat menghargai hasil yang telah dicapai generasi terdahulu sehingga mereka dapat mengambil hikmah dan sejarah itu sendiri,
- TVRI Kalbar berfungsi sebagai sarana informasi dan telekomunikasi sesuai dengan visi dan misi TVRI KALBAR.
3.2 Saran
Dengan mengetahui sejarah berdirinya TVRI Kalbar menambah wawasan serta pengetahuan siswa Binalah persatan dan kesatuan bangsa agar peristiwa masa lalu tidak kembali,
Teruskanlah perjuangan para pahlawan dengan membangun Bangsa Indonesia lebih maju.
Demikian saran-saran yang dapat penulis kemukakan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin.




Visi

" Terwujudnya TVRI sebagai media pilihan rakyat Kalimantan Barat
dalam rangka turut mencerdaskan dan memperkuat kesatuan Nasional"

Misi

Menjadi media perekat sosial untuk persatuan dan kesatuan bangsa
sekaligus menjadi media kontrol sosial yang dinamis

Mengembangkan TVRI menjadi pusat pembelajaran serta menyajikan
hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan budaya
daerah serta memperhatikan komunitas terabaikan

Memberdayakan TVRI menjadi media untuk membangun citra bangsa
dan negara Indonesia di dunia internasional




                                                                                                                                                      



ii
DAFTAR ISI
Halaman
                                                         
KATA PENGANTAR                                                                     i
DAFTAR ISI                                                                                   ii
I.     PENDAHULUAN
A. Latar Belakang                                                            1
B. Batasan Masalah                                                         2
C. Tujuan Penulisan                                                         3
D. Metode Penulisan
                                               
II.    PEMBAHASAN MASALAH                                                4
III.   PENUTUP
A.    KESIMPULAN
B.     SARAN
                                                    
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar